Jumat, 21 November 2008

Pelaksanaan Pemilu Harus Dioptimalkan

JAKARTA - Pemilihan Umum di Indonesia dinilai sebagai prosesi paling kompleks di dunia dan pemilihan terbesar yang pernah dilaksanakan dalam sehari.

Karenanya penyelenggara pemilu harus memiliki kompetensi dan kapabilitas dalam menyelenggarakan pemilu yang demokratis, independent, dan anggotanya nonpartisan.

Demikian disampaikan mantan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode

2001-2007 Valina Singka dalam seminar bertajuk Belajar dari Pilkada Langsung Menuju Pemilu 2009 di Hotel Acacia, Jalan Kramat Raya, Jakarta, Minggu (22/11/2008).

"Menyelenggarakan pemilu di Indonesia bukanlah sekadar pekerjaan teknis kepemiluan, tetapi bermartabat dan memiliki amanah menyelamatkan demokrasi," katanya.

Dia menjelaskan tahun 2004 saja ada 24 partai peserta pemilu, 662 juta surat suara, 2,5 juta kotak suara, 2 juta bilik suara dan biaya sebesar Rp6,9 triliun. Bahkan untuk Pemilu 2009, kata dia, jumlah peserta dan biayanya bertambah besar.

"Kapasitas manajerial dan leadership penyelenggara pemilu menjadi kebutuhan utama," katanya.

Dia menambahkan penyelenggara pemilu harus berupaya agar pemilu berlangsung damai dan tidak menimbulkan konflik pascapilkada. "Hanya dengan demikian hasil pemilu membentuk parlemen dan pemerintahan yang berkualitas," katanya. (ded)

0 Comments:

Post a Comment



Download PC Games

DOMAIN DAN HOSTING GRATISAN

           Web Hosting

ABOUT ME

Foto saya
I have experince in travel agent concern at refund processing. I work at the one of the best travel agent in Indonesia. In my company, I always get input to my mainset to be beter and better. I have processed refund for all kind of airlines either domestic even international. I communicated and gambling to make sure that the refund will be paid to passenger again. It's one of my goal to give the passenger service excellent majoring in Refund.

SHOUTBOX


ShoutMix chat widget
Blogging Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Search 2.0

Most Visited


Produk SMART Telecom
jco

KIAMAT 2012 ?


Masukkan Code ini K1-B12DCD-7
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com


Web Hosting
Template by Abdul Munir | Blog - Layout4all