Senin, 14 September 2009

Bila PC Anda mulai membandel, jangan langsung membawanya ke tukang servis atau memanggil divisi TI pada perusahaan Anda. Bukankah lebih baik jika Anda mengetahui cara menyelesaikan masalah pada PC Anda sendiri? Kali ini ada tips untuk menyiasati masalah pada PC.






















Kalau PC Anda sama seperti gambar di atas, berarti sudah saatnya Anda mengganti PC

1. Cobalah me-restart PC. Me-restart PC adalah cara termudah tetapi yang sering dilupakan oleh para pengguna PC. Windows terkadang dapat memperbaiki kesalahan yang ada pada sistemnya hanya dengan me-restart PC. Bila menekan tombol “Start | Turn Off Computer” tidak befungsi, cukup tekan tombol ‘reset’ yang ada pada panel PC Anda. Untuk mematikan PC secara manual, tekan dan tahan tombel power selama beebrapa detik dan lepaskan. Cara paling terakhir adalah mencabut (jangan digoyang) konektor listrik.

2. Memahami sumber permasalahan. Restart tidak dapat menyelesaikan semua masalah PC. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat ketika PC menghadapi masalah yang serius. Bagaimana gejala pada PC? Seperti apakah seharusnya PC berjalan? Kapan terakhir kali software berjalan dengan baik? Kapan pertama kali masalah tersebut muncul? Apakah yang berubah sejak itu? Apakah hal ini mengganggu Anda? Ketika Anda telah menemukan masalah yang mengganggu Anda – dan seberapa sering hal tersebut terjadi – barulah Anda dapat memperbaikinya.

3. Jangan berharap terlalu banyak. Anda harus menyadari bahwa PC Anda punya batasan. Anda meminta terlalu banyak bila PC yang bisa dianggap bagus setahun yang lalu diharapkan untuk dapat menjalankan program tercanggih yang ada sekarang. Komputer bukanlah benda elektronik statis seperti microwave dan DVD Player. Ia selalu berubah dan berevolusi dengan cepat, sehingga PC yang berfungsi dengan baik tahun lalu akan memiliki kinerja yang sama menghadapi program yang ada sekarang. Semakin canggih program, maka semakin rumit pula proses komputasi yang harus dijalankan oleh PC. Harap selalu Anda ingat bahwa permintaan sistem yang ada pada bungkus software sebaiknya diperlukan sebagai syarat minimum yang harus dipenuhi oleh pengguna PC. Oleh karena itu, semakin besar kekuatan PC Anda, semakin baik.

4. Baca buku manual. Terkadang permasalahan yang Anda temui sebenarnya telah dijelaskan pemecahannya di dalam menu Help, FAQ, buku manual, dalam website pabrikan pembuat perangkat, atau dalam forum online. Cara terakhir adalah yang terbaik, tetapi Anda membutuhkan banyak waktu untuk mencarinya di antara topic dalam forum. Walau terlihat sangat sulit dan menyita waktu, cara ini mungkin akan menjadi satu-satunya penolong Anda akan masalah yang dihadapi. Apalagi jika technical support juga gagal mengenali masalah yang Anda hadapi.

5. Selesaikan sendiri masalah Anda. Bila Anda telah menemukan jawaban dari masalah Anda, ada baiknya Anda coba terapkan sendiri. Namun, jika pemecahannya membutuhkan tingkat keahlian yang tidak Anda miliki, ada baiknya pula Anda menghubungi technical support. Bila masalah Anda berada pada kerusakan software, meng-install ulang software tersebut akan lebih mudah daripada mencari file yang rusak. Lagipula, cara ini berhasil untuk hampir semua masalah pada software.

0 Comments:

Post a Comment



Download PC Games

DOMAIN DAN HOSTING GRATISAN

           Web Hosting

ABOUT ME

Foto saya
I have experince in travel agent concern at refund processing. I work at the one of the best travel agent in Indonesia. In my company, I always get input to my mainset to be beter and better. I have processed refund for all kind of airlines either domestic even international. I communicated and gambling to make sure that the refund will be paid to passenger again. It's one of my goal to give the passenger service excellent majoring in Refund.

SHOUTBOX


ShoutMix chat widget
Blogging Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Search 2.0

Most Visited


Produk SMART Telecom
jco

KIAMAT 2012 ?


Masukkan Code ini K1-B12DCD-7
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com


Web Hosting
Template by Abdul Munir | Blog - Layout4all